-->
 Home  ·  About  ·  Privacy  ·  Contact  ·  Advertise  ·  Follow

Tips Sederhana Mencegah Komentar Spam pada Blog

Ada beberapa tips mencegah komentar spam pada blog meskipun blog ini sendiri banyak sekali komentar spam disetiap artikelnya, komentar spam tidak ada gunanya bagi pemilik blog maupun spammer. Ciri dari komentar spam itu sendiri adalah komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel misalnya menuliskan komentar tentang promosi produk yang tidak ada kaitanya dengan isi artikel yang dikomentari. Sebenarnya cara seperti itu tidak akan efektif bagi produk yang mereka jual atau pasarkan.


Berikut beberapa tips sederhana mencegah komentar spam pada blog.

1. Mengaktifkan Captcha Komentar Blog
Captcha komentar digunakan untuk memastikan bahwa yang melakukan komentar tidak dilakukan oleh sebuah perangkat komputer, meskipun komentar spam itu bisa dilakukan secara manual.

2. Mengaktifkan Moderasi Komentar Blog
Aktifkan moderasi komentar pada blog Anda, cara seperti ini mungkin agak ribet bagi sebagian blogger karena kita harus rajin mengecek setiap komentar yang masuk pada blog.

3. Menggunakan Kolom Komentar Blog dari Pihak Eksternal
Berikutnya adalah menggunakan kolom komentar dari pihak ketiga atau eksternal seperti Disqus, Google Plus, Facebook, dsb.

Dari beberapa tips tersebut tidak menutup kemungkinan masih ada komentar spam yang masuk, tetapi paling tidak sudah bisa mencegah dan mengurangi adanya komentar spam pada blog Anda. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 - . Info Blog Indonesia · Powered by Blogger
Join Us · Facebook · Twitter