-->
 Home  ·  About  ·  Privacy  ·  Contact  ·  Advertise  ·  Follow

5 Cara Menghemat Paket Data Internet Ponsel Anda

Kuota internet merupakan kebutuhan wajib pada zaman modern seperti saat sekarang ini, dengan kuota internet kita dapat berkomunakasi antar individu maupun komunitas. Pada tahun 2000an orang menggunakan pulsa untuk berkirim pesan atau sms dan telepon dengan tarif per menit atau per pesan tapi sekarang ini dengan kuota internet nampaknya lebih murah untuk berkirim pesan dan telepon dibandingkan dengan menggunakan pulsa.

Kalau menggunakan pulsa kita dapat mengetahui tarif pasti per sms maupun telepon, tapi dengan menggunakan kuota internet kita sebagai orang awam tidak tahu pasti menghabiskan berapa Mbps tiap kali melakukan pengiriman pesan atau telepon. Terkadang ini menjadi masalah banyak orang ketika merasa kuota internet mereka cepat habis padahal penggunaan kuota internet lebih murah dibandingkan menggunakan pulsa jika sama-sama hanya digunakan untuk berkirim pesan dan telepon. Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan kuota cepat habis, agar hal tersebut tidak terus menerus terjadi pada ponsel kita maka kita harus melakukan beberapa pengaturan ponsel dan kontrol penggunaan data.

Salah satu langkah penghematan kuota internet adalah menggunakan aplikasi yang sekiranya penting yang biasanya kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti aplikasi chat WhatsApp, Telegram, dll sedangkan aplikasi yang lain kita aktifkan saat ponsel terhubung dengan internet gratis atau Wi-Fi.

Cara Melakukan Penghematan Kuota Internet

1. Menonaktifkan Fitur Update Otomatis pada Aplikasi

Secara periode dan terjadwal semua aplikasi pada ponsel Anda pasti mengalami pembaharuan, pembaharuan dilakukan oleh pembuat atau pengembang aplikasi tersebut untuk meningkatkan layanan serta menambahkan fitur terbaru.

Aktivitas pembaharuan aplikasi ini biasanya akan menghabiskan cukup banyak paket data, jika fitur update otomatis di nonaktifkan maka paket data yang digunakan tidak akan tersedot sebanyak ketika kita mengupdate sebuah aplikasi.

Pembaharuan sebuah aplikasi bisa dilakukan setelah ponsel Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda dapat melakukan pengaturan tersebut pada ponsel Anda.

Baca Juga : Cara Agar Aplikasi Android dan iOS tidak Update Otomatis

2. Aktifkan Mode Offline pada Aplikasi Layanan Streaming

Aplikasi layanan music streaming, podcast, video, dan film merupakan aplikasi yang sama besarnya menyedot paket data internet seperti Spotify, Joox, Netflix, Youtube, dll Anda harus memiliki cukup paket data jika menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Agar paket data Anda hemat, aktifkan mode offline pada aplikasi-aplikasi tersebut. Anda masih dapat mendengarkan music dan melihat video dari aplikasi tersebut dengan cara mengunduh music dan video terlebih dahulu ketika ponsel tersambung dengan jaringan Wi-Fi. Music dan video yang sudah diunduh dapat Anda putar pada saat aplikasi dalam keadaan mode offline.

3. Aktifkan Fitur Data Saver

Anda bisa menggunakan fitur data saver pada aplikasi untuk membantu menghemat penggunaan paket data. Dengan mengaktifkan fitur data saver biasanya yang akan muncul pada aplikasi adalah teksnya saja dan tidak disertai dengan foto atau gambar seperti pada aplikasi Twitter, Facebook, dan Google Chrome.

4. Menonaktifkan Fitur Download Otomatis pada Aplikasi Chat

Pastinya pada ponsel Anda terpasang salah satu aplikasi chat seperti WhatsApp, aplikasi tersebut sangat penting bagi kita karena sebagai media untuk berkomunikasi dengan orang lain. Taukah kalian bahwa aplikasi ini memiliki fitur download otomatis file foto dan video, tentunya jika kalian aktifkan fitur tersebut foto dan video yang dikirim akan terdownload otomatis tanpa konfirmasi Anda. Ini akan memerlukan paket data yang lumayan untuk mengunduh satu file gambar.

Agar dapat menghemat paket data internet Anda dapat mengatur fitur tersebut, dengan menonaktifkan fitur tersebut atau gambar dan video akan terdownload otomatis jika ponsel terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Baca Juga : Cara Gambar dan Video di WhatsApp tidak tersimpan Otomatis

5. Penggunaan Sosial Media

Penggunaan sosial media yang disertai dengan gambar dan video juga akan menghabiskan lebih cepat paket data Anda seperti Instagram. Kita tidak pernah sadar dengan mengakses profile dan postingan di Instagram memerlukan paket data yang cukup besar karena sosial media tersebut berisikan gambar dan video. Jika Anda ingin sedikit menghemat paket data kurangi penggunaan sosial media seperti Instagram, ini memerlukan konsistensi Anda jika ingin berhasil mengurangi penggunaan paket data.

Nah, kelima cara tersebut jika kita lakukan konsisten bukan tidak mungkin penggunaan paket data Anda akan berkurang secara signifikan, selain dari kelima cara diatas Anda bisa menghemat dengan menggunakan operator yang memiliki program unlimited internet dengan harga yang terjangkau, dengan begitu Anda bisa mengakses internet dengan bebas.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 - . Info Blog Indonesia · Powered by Blogger
Join Us · Facebook · Twitter